Breaking News
Loading...
Jumat, 20 Oktober 2017

Konsep Rasionalisme dalam Perkembangan Teknologi

Pengaruh Descartes terlalu sulit untuk ditelusuri seluk-beluknya, oleh karena hampir seluruh aliran filsafat sesudahnya mempunyai impact, setidak-tidaknya mempunyai akar dari pemikirannya. Masalah-masalah kefilsafatanlah yang menjadi dasar inspirasi atau bahkan dasar pemikiran bagi timbulnya pemikiran-pemikiran baru yang datang kemudian. Berdasarkan pemikiran dari Descartes tentang aliran Rasionalisme dapat implikasi dalam pengembangan dunia pendidikan dengan menggunakan logika dalam kaidah-kaidah berpikir dalam bidang ilmu. Subyek dari akal-akal adalah rasional dan obyeknya adalah proposisi bahasa. Proposisi bahasa yang mencerminkan realitas, apakah itu realitas di alam nyata ataupun realitas apapun realitas di alam pikiran. Kaidah-kaidah berfikir dalam logika bersifat pasti. Penolakan terhadap kaidah berfikir ini adalah mustahil  (tidak mungkin). Bahkan mustahil pula dalam semua khayalan atau angan-angan yang mungkin. Tidak mengakui prinsip berpikir ini, yang biasa disebut dengan prinsip  non-kontradiksi, akan menghancurkan seluruh kebenaran dalam alam bahasa maupun dalam semua alam lain. Tidak menerima berarti meruntuhkn seluruh arsitektur bangunan agama, filsafat, sains dan teknologi, dan seluruh pengetahuan manusia.
Pada dasarnya pengetahuan mempunyai tiga kriteria,yaitu: (a) adanya suatu sistem gagasan dalam pikiran; (b) penyesuaian antara gagasan itu dengan benda-benda sebenarnya; (c) adanya keyakinan tetang penyesuaian. Pengetahuan dalam usaha usahanya tidaklah puas hanya dengan cara yang serba kebetulan saja, melainkan berusaha pula mencari jalan tertentu untuk mempermudah diri dalam upaya mencapai tujuannya. Pengetahuan berjalan menurut metode tertentu, karena itu pengetahuan di sebut itu disebut mempunyai metode-metode atau approuch (pendekatan). Pendekatan  berarti sekumpulan dari teori, metode dan teknik penelitian. Manusia terus berupaya agar pengetahuan itu sesuai dengan objeknya, serta hasil-hasilnya di kumpulkan dengan susunan tertentu pula sehingga semuanya itu merupakan keseluruhan yang tersusun dengan teratur yang disebut sistem.
Sistem tersebut  juga yang selalu dan harus menjadi dasar dalam setiap pengembangan teknologi saat ini sebagai bagian dari ilmu pngetahuan. Pengembangan teknologi saat ini juga harus memikirkan mengenai rasio dari tujuan pengembangan teknologi. Setelah rasio dari tujuan pengembangan teknologi sudah diketahui dengan jelas, maka metode pengembangan juga harus dipikirkan secara logika yang biasa didefinisikan sebagai algoritma yang menjadi pola pikir dasar bagi pengembangan sistem. Algorit yang baik adalah algorit yang mampu menterjemahkan pikiran manusia kedalam bahasa mesin atau komputer guna menghasilkan suatu sitem yang diinginkan. Dan tak kalah penting adalah hasil dari sistem atau teknologi yang dikembangkan harus mampu diterima oleh akal pikiran manusia, sehingga teknologi yang dikembangkan mampu dimanfaatkan oleh manusia sesuai dengan kebutuhan.
Next
This is the most recent post.
Posting Lama

0 komentar:

Posting Komentar

 
Toggle Footer