Breaking News
Loading...
Sabtu, 05 November 2016

Persepsi Wisatawan

       Bali sebagai salah satu tujuan wisata dunia menjadi lokomotif utama dalam rangka meningkatkan kunjungan wisatawan ke Indonesia. Bali memang sudah dikenal lama oleh banyak wisatawan, baik wisatawan mancanegara maupun wisatawan nusantara. Keragaman budaya, alam yang indah, serta masyarakat yang santun masih menjadi atribut utama yang diandalkan Bali. Dengan demikian Bali diharapkan terus meningkatkan kualitasnya sebagai destinasi wisata untuk mengangkat daerah-daerah yang lain di Indonesia sebagai destinasi yang memiliki daya saing internasional. 
      Pengembangan kepariwisataan di Bali diharapkan tidak menimbulkan kejenuhan wisatawan serta mampu bersaing dengan daerah dan negara tujuan yang lain. Untuk itu diusahakan penemuan potensi objek wisata baru yang diharapkan mampu menambah produk dan daya tarik wisata. Oleh karena itu hendaknya setiap destinasi wisata harus mampu meningkatkan kualitasnya dan mengembangkan komponen-komponen yang dimilikinya untuk menghindari terjadinya kejenuhan pada wisatawan, serta untuk memenangkan persaingan dengan destinasi wisata lainnya. Melalui konsep positioning diharapkan peta persebaran wisatawan serta persepsinya terhadap destinasi wisata di Bali dapat diketahui. Positioning yang dimaksud adalah bagaimana suatu bisnis mendapat kepercayaan dari konsumennya, dalam hal ini adalah wisatawan yang akan berkunjung, maupun yang telah berkunjung ke destinasi wisata di Bali. Sebagai langkah awal dalam penentuan positioning adalah segmenting. 
e-positioning.com

   Segmenting destinasi wisata dilakukan dengan memperhatikan persepsi wisatawan. Persepsi berkaitan dengan apa yang diharapkan oleh wisatawan terhadap kualitas dan keunggulan suatu destinasi wisata yang dapat diukur dari komponen-komponen yang menjadi perhatian wisatawan sebelum mengunjungi suatu destinasi wisata. Adapun komponen yang dimaksud adalah kondisi alam dan kegiatan luar ruangan, seni dan budaya, musik dan kehidupan malam, makanan dan minuman, kondisi sosial, biaya hidup, pendidikan, kesehatan, akomodasi, dan kepedulian terhadap lingkungan hidup. Persepsi dapat diperoleh melalui kuisioner online pada halaman e-positioning.com. Kuesioner ini ditujukan untuk mengetahui karakteristik pengunjung dan penilaiannya terhadap tempat wisata yang ada di Bali. Sejauh mana tempat-tempat wisata tersebut telah dapat memberikan kesenangan kepada pengunjungnya. Informasi ini akan sangat berguna bagi upaya untuk memperbaiki kualitas pelayanan baik bagi tempat wisata yang dikelola oleh pemerintah maupun pihak swasta.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Toggle Footer