Breaking News
Loading...
Kamis, 06 Agustus 2015

Yakinlah Anda Bisa Sukses dan Akan Sukses

          Menyambung ulasan buku sebelumnya yang berjudul "Dasyatnya berpikir besar". Kini saya akan menguraikan bab selanjutnya yang merupakan awal dari bab inti dari buku ini. Bab kali ini bertemakan "Yakinlah anda bisa sukses dan akan sukses". Tulisan ini akan saya urai dalam beberapa point secara padat tanpa mengurangi makna yang terkandung. Beberapa kiat-kiat yang dapat membangkitkan keyakinan akan kesuksesan kita perlu kita pahami betul. Keyakinan akan kesuksesan telah terbukti membawa beberapa tokoh menjadi benar-benar sukses.
          Kesuksesan berarti memiliki hal-hal positif yang luar biasa. Kesuksesan berarti kemakmuran pribadi, memiliki rumah yang indah, sering bepergian untuk bertamasya, mempunyai barang-barang baru, memiliki jaminan finansial yang memadai, serta memberi apapun yang terbaik bagi putra-putri anda. Kesuksesan berarti meraih kekaguman, kepemimpinan, penghargaan dari orang lain dalam bisnis ataupun kehidupan sosial. Kesuksesan berarti memiliki kebebasan, yaitu bebas dari kekhawatiran, ketakutan, frustasi, dan kegagalan. Kesuksesan berarti kemenangan. Kesuksesan, prestasi, adalah tujuan hidup. Setiap manusia pasti mendambakan kesuksesan. Oleh karenan itu yakinkan diri anda juga mampu meraih kesuksesan itu. 
         Keyakinan akan menggerakkan kekuatan dalam diri anda untuk membuat keinginan anda terwujud. Sesungguhnya dijaman modern ini, keyakinan mampu mewujudkan hal-hal yang lebih besar dari hanya sekedar memindahkan gunung. Bahkan elemen terpenting dalam penjelajahan angkasa adalah keyakinan bahwa manusia mampu menguasai angkasa. Tanpa keyakinan teguh bahwa manusia sanggup menjelajahi luar angkasa, para ilmuwan tidak akan memiliki keberanian, minat, dan antusiasme untuk berkarya. 
         Keyakinan untuk menuai hasil besar adalah kekuatan pendorong, kekuatan dibalik semua buku terkenal, drama, dan temuan ilmiah. Keyakinan untuk sukses ada dibalik setiap bisnis, gereja, dan organisasi politik yang sukses. Keyakinan untuk sukses adalah satu unsur dasar yang dimiliki orang-orang sukses. Yakinlah dengan sungguh-sungguh, anda busa sukses dan akan sukses.
          Kebimbangan adalah kekuatan negatif. Ketika pikiran merasa bimbang atau ragu akan sesuatu, pikiran tersebut mengumpulkan alasan untuk mendukung kebimbangan tersebut. Ynag bertanggung jawab atas kegagalan anda adalah keraguan, kebimbangan, keinginan bawah sadar untuk gagal, dan ketidakyakinan anda untuk sukses. Jika yang anda pikirkan adalah keraguan, anda akan gagal. Jika yang anda pikirkan adalah kemenangan, anda akan sukses.
          Nah yang terpenting perlu diketahui apa sih kiatnya untuk memperkuat kekuatan keyakinan untuk hidup sukses. Berikut ada tiga pedoman cara memperoleh dan memperkuat keyakinan:
  1. Berpikir sukses, jangan berpikir gagal. Ditempat kerja, dirumah anda, gantilah berpikir gagal menjadi berpikir sukses. Ketika anda menghadapi situasi pelik, berpikirlah, "saya akan menang" jangan berpikir, "saya mungkin kalah". BIarkan pikiran kesuksesan menguasai proses berpikir anda. Berpikir untuk sukses akan menyebabkan pikiran anda berupaya meraih kesuksesan pula. Berpikir tentang kegagalan akan mengakibatkan efek sebaliknya dan memantik kegagalan anda.
  2. Secara teratur, ingatkan diri anda bahwa anda lebih baik dari yang anda kira. Orang sukses bukanlah manusia super. Kesuksesan tidak memerlukan kecerdasan super. Sukses juga tidak ada hubungannya dengan hal-hal mistis. Dan sukses tidak berdasar pada keberuntungan belaka. Orang sukses adalah orang awam yang menumbuhkan keyakinan diri pada apapun yang dikerjakannya. Jangan meremehkan diri anda sendiri.
  3. Yakinlah besar. Besarnya kesuksesan anda ditentukan oleh besarnya keyakinan anda. Jika anda membayangkan tujuan-tujuan kecil, anda akan memperoleh hasil yang kecil. Pikirkanlah tujuan besar dan renungkanlah kesuksesan besar. Ingatkan juga, ide dan rencana besar sering kali lebih mudah daripada ide dan rencana kecil.

sumber: David J. Schwartz, Ph.D. 2014."THE MAGIC of THINKING BIG". MIC:Jakarta.

0 komentar:

Poskan Komentar

 
Toggle Footer