Breaking News
Loading...
Sabtu, 11 Januari 2014

Kenapa laptop asus mati mendadak?

       Laptop sekarang ini sudah tidak dianggap sebagai barang mahal atau barang langka. Bagi sebagaian orang laptop merupakan benda kesayangan, benda pribadi, atau mungkin benda terpenting. Khususnya bagi orang yang bekerja dibidang teknologi informasi, laptop merupakan kebutuhan pokok. Disini laptop tidak lagi berperan sebagai mesin ketik, internetan, nonton atau hiburan, melainkan jauh lebih penting dari itu. Peran laptop bagi kalangan pekerja IT tidak bisa diragukan lagi, hampir setiap hari bahkan setiap jam laptop terus bekerja dengan bebannya yang luar biasa. Tidak jarang laptop para pekerja IT cepat panas, rusak atau tidak kuat. Oleh karena itu spesifikasi laptop disini sangat menentukan kelangsungan hidup mereka. Tidak jarang ditemukan masalah aneh pada laptop, terutama laptop keluaran ASUS. Mulai dari laptop sering mati mendadak, panas, keyboard rusak, dan lain sebagainya. 
         Kali ini saya akan berbagi mengenai kerusakan laptop ASUS khususnya ASUS A43S yang sering mati mendadak. Ada berbagai faktor yang menyebabkan laptop itu sering mati mendadak dan susah hidup kembali. Berikut akan coba saya share sedikit tentang apa sih penyebabnya.??
  1. Kerja laptop yang terlalu berat ditambah lagi jam kerja yang padat menyebabkan komponen hardware panas. Panas yang diluar batas ambang akan menyebabkan system mati dengan sendirinya untuk menghindari kerusakan pada komponen hardwarenya. Solusinya adalah (1).isikan kipas atau coolpad dibawah laptop, (2). jangan menghidupkan laptop pada kasur atau karpet berdebu, (3).kurangi menggunakan program-program berat saat bersamaan.
  2. Kadang-kadang beberapa orang menambahkan beberapa sistem operasi pada laptop, dengan tujuan sebagai experimen. Hal itu lebih baik dihindari, biarpun hanya salah satu sistem operasi saja yang jalan, akan tetapi sistem operasi lain juga ikut ambil bagian. Hal tersebut dapat diibaratkan sebagai benalu. Ketika sistem operasi 1 jalan, sistem operasi 2 dan 3 akan ambil bagian sebagai benalu, memang sih tidak kelihatan, akan tetapi hal itu berpengaruh.
  3. Ibaratnya kendaraan bermotor, laptop juga harus diservis secara rutin. servis tersebut meliputi scan virus, defragmen hardis, atau mungkin servis ke hardwarenya. 
  4. Panas pada laptop yang berlebihan, selain diakibatkan oleh kerja laptop yang berat, juga diakibatkan karena kipas prosesor kotor. Kotor pada kipas atau atau ventilasi pada laptop berdebu menyababkan keluar masuknya udara tidak lancar, sehingga laptop cepet panas. Oleh karena itu, bersihkan kipas prosesor jika laptop mengalamin panas yang tidak wajar. Berikut saya kasi tau cara bongkar dan bersihkan komponen hardware pada laptop asus A43S.
Demikian yang bisa saya bagikan terkait kerusakan pada laptop asus, semoga bermanfaat. Terima Kasih.

1 komentar:

 
Toggle Footer