Breaking News
Loading...
Minggu, 05 Januari 2014

Google Analytic untuk website

     Google merupakan raksasa internet dunia. Banyak aplikasi atau fitur yang disediakan oleh google yang dapat membantu atau bermanfaat bagi para penikmat layanan dunia maya. Khususnya bagi para blogger atau web developer google memeberikan banyak layanan yang dapat menunjang kinerja website anda. Sebelumya saya sudah share sedikit informasi mengenai bagaimana cara meningkatkan seo web, apa itu webmaster tools dan  bagaimana cara menggunakan webmaster tools, dan saya kira semua itu sangat bermanfaat. Kali ini saya akan share sedikit tentang apa itu google Analytic. Google Analytic merupakan aplikasi google yang dapat digunakan untuk menganalisa jumlah visitor, darimana visitor kita, page rank, dan sebagainya.

       Google analytic akan memberikan seluruh informasi yang dibutuhkan mengenai trafik yang datang ke website. Google analytic akan menganalisa seluruh informasi tersebut secara detail, sehingga akan didapatkan informasi yang akurat mengenai data yang dibutuhkan. Google analytic dapat melakukan tracking terhadap visitor yang masuk, dari Negara mana mereka berasal dan berbagai informasi penting lainya. Dengan berbagai data tersebut, alat google ini dapat mencari solusi dalam melakukan optimasi web  agar mendapatkan peringkat yang lebih bagus pada search engine.
        Google analytic ini dapat membantu dalam meberikan keputusan tentang kata kunci yang sedang trend dan topik yang menarik yang lebih bagus untuk ditulis dalam website. Berikut beberapa trik mengenai google analytic tersebut. 
  1. Keyword adalah adalah hal yang paling penting agar website mampu menarik visitor untuk mengunjungi website. Jadi pastikan keyword yang digunakan benar-benar menarik dan sedang trend saat ini.
  2. Bounce rate adalah aspek yang sangat penting dalam melakukan analisa terhadap website. Bounce rate digunakan untuk mengetahui apakah pengunjung website keluar masuk website dengan cepat. Hal ini dapat disebabkan karena visitor tidak menemukan apa yang mereka cari pada website. Google memiliki patokan dan standar dalam menentukan sesuatu yang wajar maupun yang tidak wajar. Tingkat bouncing akan memberitahukan kepada anda apakah anda memiliki konten yang sesuai dengan apa yang diinginkan oleh visitor ketika mereka mengunjungi website anda. Bounce rate adalah rasio jumlah pengunjung yang hanya membuka satu halaman saja pada blog atau website. Bounce rate dihitung menggunakan rumus sebagai berikut. Bounce rate= (Jumlah pengunjung yang hanya membuka satu halaman blog/Jumlah kunjungan total) x 100%. Misalnya dalam satu bulan sebuah website atau blog memiliki jumlah kunjungan total sebanyak 50.000, sedangkan kunjungan pembaca yang hanya membuka satu halaman saja sebanyak 2.000. Dengan demikian, bounce rate dari website tsb sebesar (2.000/50.000)x100%= 4%. "Semakin besar bounce rate yang dimiliki sebuah blog maka kinerja blog tersebut akan semakin buruk, sedangkan semakin kecil bounce rate pada sebuah blog maka kinerja blog tersebut akan semakin baik". Apa penyebab bounce rate?.
  3. Google analytic akan memberikan data yang tepat mengenai jumlah kunjungan yang datang melalui referrer site yang anda sewa.Referrer site adalah teknik dengan memasang link banner atau link yang menuju website  pada website lainnya yang memiliki traffic tinggi, alat google akan mengetahui apakah link yang dipasang tersebut efektif mendatangkan visitor ke website.
  4. Gunakan Google analytic untuk menganalisa seluruh statistic yang berhubungan dengan website. Jika website diperuntukkan untuk memiliki target visitor berasal dari Negara tertentu, maka bisa menggunakan Google analytic untuk mengetahui darimana visitor berasal. Jika visitor tidak sesuai dengan target yang ditentukan, bisa dilakukan modifikasi pada website sehingga didapatkan targeted visitor.
  5. Tips terakhir adalah, alat google ini bebas, silakan dipelajari dan digunakan sebaik mungkin. Dan alangkah baiknya jika dipadukan dengan webmaster tools .
Sekian tips kali ini, semoga bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Toggle Footer