Breaking News
Loading...
Sabtu, 07 Desember 2013

Website Fisip Unipas Singaraja

02.44
       Pembuatan website merupakan sesuatu yang menarik jika ditekuni dengan baik. Namun hal itu tidak gampang, apalagi pembuatan website dari nol. Mulai dari perancangan sistem, keamanan, perancangan coding, dan tampilan semua itu butuh kemampuan algoritma, penguasaan bahasa pemrograman yang bagus, serta tidak kalah penting adalah adanya motivasi dan inspirasi. Perancangan sistem yang dimaksud adalah kemampuan website agar ringan, dan cepat menangani eksekusi request dari pengguna. Semakin cepat website akan semakin bagus pula sistemnya begitu juga sebaliknya. Keamanan merupakan hal penting sekali dalam pembuatan website. Keamanan disi sebatas keamanan website bukan pada keamanan servernya. Bagaiman tidak, website akan dilihat dan diakses oleh banyak orang. Dari sekian banyak orang pasti ada yang berniat tidak baik pada website kita, yang paling ringan adalah membobol admin dari website tersebut. Tentunya kita tidak menginginkan itu.


Nah disinilah kita perlu membatasi hakakses website. Dari segi perancangan coding, setiap programer memiliki gaya pengkodingan yang berbeda. Tidak semua programer mengerti akan koding dari programer lain, begitu pula mengenai kerapian dari koding. Hal ini tergantung dari kenyamanan dari programer itu sendiri, dan tentunya hal ini akan berkaitan dengan perancangan sistem website. dan yang terakhir tak kalah penting adalah mengenai tampilan dari website. Tampilan ini merupakan hal yang penting, inilah yang membuat pengguna tertarik untuk ,mengunjungi website. Mengingat perkembagan teknologi saat ini yang begitu cepat, banyak yang sekarang memakai smartphone untuk mencari informasi didunia maya. Maka akan lebih bijak jika website yang kita kembagkan mampu menangani pencarian tersebut, mampu berjalan di dalam device yang berbedea sesuai dengan resolusi layar masing-masing device. Nah inilah yang disebut dengan teknologi responsive design. Semua bidang diatas sudah terpenuhi, maka lanjut pada bidang kontent. Sebagus, secanggih apapun website tanpa kontent atau informasi yang manarik akan sangat tidak berguna. Masalah kontent kita serahkan pada klient atau admin website. 
        Kali ini saya akan menceritakan sedikit entang project tugas besar php mengenai website Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Panji Sakti Singaraja (Fisip Unipas). Website ini dikembangkan menggunakan bahasa pemrograman php dan frame work css bootstrap agar mampu menangani teknologi responsive design.  Beberapa kegiatan yang mampu ditangani oleh website ini antara lain.
1. Sistem Informasi umum Fisip Unipas Singaraja.
     Penyebaran informasi akan lebih cepat dan lebih luas dengan memanfaatkan media digital seperti sekarang ini.

2. Pendaftaran Anggota
         Setiap institusi, utamanya institusi pendidikan pasti memiliki data mengenai dosen, mahasiswa, ataupun penyebaran alumni. Hal ini sangat penting untuk pengembangan dari institusi tersebut.

  

3. Pencarian Nilai Mahasiswa
         Setelah anggota berhasil diterima pendaftarannya, maka anggota dapat menggukan fasilitas yang disediakan website, misalnya saja update data diri, dan untuk mahasiswa dapat melakukan pencarian nilai dan pencetakan KDN.

4. Cetak kurikulum vitae dari anggota.
             Semua data diri anggota adalah tujuannya untuk kepentingan anggota itu sendiri. Angota dapat melakukan pencetakan terhadap data dirinya dalam bentuk kurikulum vitae.
5. Penyebaran informasi melalui email kepada anggota.
                Demikian secara singkat mengenai website FISIP UNIPAS Singaraja. Semoga dapat bermanfaat bagi rekan-rekan yang sedang galau memikirkan inspirasi mengenai tugas php. Bisalah artikel ini dipakai sebagai referensi.



0 komentar:

Posting Komentar

 
Toggle Footer