Breaking News
Loading...
Senin, 09 Desember 2013

Notepad J2SE


     Semua aplikasi yang ada saat ini semua berawal dari apikasi sederhana, salah satunya aplikasi menggunakan tenologi J2SE. Kali ini saya akan berbagi informasi mengenai aplikasi notepad J2SE yang saya buat. Berikut merupakan hasil dari pengimplementasian program Notepad sederhana pada pemrograman J2SE. Dimana program ini dikembangkan menggunkan visual IDE java Netbeans 7.3. 
      Berikut sedikit penjelasan menganai program ini, yaitu:
  1. Fitur new bertujuan untuk membersihkan layar inputan teks. Layar bisa dibersihkan jika teks yang sudah tertulis sudah disimpan sebelumnya, oleh karena itu pada fitur new terdapat dialog option.
  2. Fitur save merupakan fitur standar yang harus dimiliki, gunanya adalah untuk menyimpan tulisan yang sudah ditulis pada aplikasi ini. Pada fitur in terdapat dua kemungkinan jenis penyimpanan, yaitu save dan save as. Jika teks berasal dari file yang dibuka sebelumnya pada direktori computer, maka file tersebut akan disimpan dengan melalui fungsi save. Namun jika teks tersebut bukan berasal dari direktori dengan kata lain teks tersebut merupakan teks yang baru ditulis, maka teks tersebut akkan disimpan melalui fungsi save as dengan menentukan direktori penyimpanan terlebih dahulu melalui filedialog.
  3. Fitur save as adalah fungsi penyimpanan teks dengan membuat file baru pada direktori yang ditentukan dengan filedialog.
  4. Fitur open juga merupakan fitur yang harus dimiliki oleh aplikasi ini. Diman fitur ini bertujuan untuk membuka file yang berada pada direktori komputer. Pada fitur ini juga terdapat validasi open dengan memunculkan option dialog. Aplikasi akan membuka file baru jika pada layar kosong atau teks yang ada pada layar teks sudah disimpan sebelumnya, prosesnya hamper sama dengan validasi new file tadi.
  5. Fitur exit adalah fitur aplikasi untuk keluar dari proses. Pada fitur exit ini juga, terdapat validasi sama seperti validasi pada open dan new. 
  6. Selain fitur diatas terdapat juga fitur tambahan seperti select all, cut, copy, paste.
  7. Fitur select all berfungsi untuk memblok teks.
  8.  Fitur copy berfungsi untuk meng-copy tulisan yang sudah diblok pada teks.
  9. Fitur paste berfungsi untuk mem-paste hasil copy-an dan cut tadi.
  10. Untuk mempercepat penggunaan fitur pada aplikasi sudah disediakan short cut masing-masing fitur yang bisa dilihat pada masing-masing menu.
  11. Fitur cut berfungsi untuk meng-cut tulisan yang sudah diblok pada teks.
s           Demikian sedikit penjelasan program, untuk sourcecode dapat di download di http://www.4shared.com/rar/Vd3HWWRaba/AgusNotepad.html

0 komentar:

Posting Komentar

 
Toggle Footer