Breaking News
Loading...
Senin, 16 Desember 2013

Meningkatkan SEO website

     Website yang baik adalah website yang mempunyai jam tayang tinggi, artinya website tersebut menarik dan banyak informasi sehingga sering diakses oleh orang. Nah bagaimana agar website menarik??? nah itu urusan pemilik website tergantung dari content dan design. Website bagus dengan content menarik, belum tentu juga mudah ditemukan oleh mbah google dalam mesin pencariannya. Apa itu SEO ? SEO (Search Engine Optimation) adalah salah satu teknik yang digunakan untuk meningkatkan rating website pada mesin pencari (search engine) seperti Google, Bing atau lainnya. Selain itu SEO juga membuat website lebih familiar dengan pengunjung dengan lebih mudah mengingat suatu alamat halaman yang diinginkannya dalam suatu website. Website perlu juga memperhatikan dari segi SEO (Search Engine Optimization). Ada banyak hal yang dapat meningkatkan SEO website diantaranya,
a. Page SEOMaksudnya adalah dengan momodifikasi nama halaman. Misalnya nama asli halaman adalah artikel.php (file asli), misal alamat urlnya index.php?page=berita. Dengan memanfaatkan modul Rewrite menggunakan htaccess, kita bisa mengganti nama sesuai dengan kemauan kita, misal artikle-terbaru.html. Teknik ini juga meningkatkan keamanan web, karena pengunjung yang berniat jahat untuk mengacak-acak webiste kita tidak tahu file apa yang sedang aktif.
b. Title SEOTitle suatu halaman terbagi 2, yaitu title statis dan title dinamis. Jika anda membuat title statis, berarti title tersebut berlaku untuk semua halaman website. Selanjutnya bagaimana dengan title dinamis. Title dinamis biasanya merujuk kepada judul suatu aritkel. Jika Anda sedang membaca artikel yang judulnya : Jenis-jenis SEO pada artikel ini, Anda akan melihat Title bar menjadi Jenis-jenis SEO. Tetapi ketika Anda klik home (halaman utama), title bar berubah menjadi Tips dan Pengetahuan. Title seperti ini sangat membantu dalam meningkatkan rating pada search engine berdasarkan judul artikel.
c. Url SEOPada url SEO hampir sama dengan Page SEO, bedanya ialah url SEO bersifat dinamis. Biasanya url seo adalah judul artikel itu sendiri. Contohnya jika judul artikel Belajar Memasak, maka alamat urlnya : http://www.namadomain.com/belajar-memasak.html. Dengan url seperti ini pengunjung lebih mudah mengingatnya jika dibandingkan dengan alamat url : http://www.namadomain.com/artikel.php?id=12 (format umum tanpa seo). Dengan url SEO akan lebih relevan bagi search engine.
d. Content SEOContent berarti isi, yaitu teknik SEO dengan menulis konten artikel sangat relevan dan mendukung dengan judul artikel. Jika anda menulis artikel tentang penyakit kanker, tentu anda harus menjelaskan kanker itu apa, jenisnya, kenapa bisa terjangkit bagaimana cara mengatasinya bahkah kalau bisa sedetail mungkin.
     Namun pada umunya SEO terdapat 2 jenis, yaitu SEO ONPAGE dan SEO OFF PAGE. SEO ONpage merupakan jenis teknik SEO yang dilakukan hanya pada lingkungan blog/website saja. Artinya pada teknik ini upaya pengoptimalan dilakukan pada pada faktor-faktor internal dari sebuah blog/website itu sendiri. Salah satu ontohnya ialah mengoptimalkan kualitas tulisan.  SEO OFFpage teknik ini adalah kebalikan dari SEO ONpage. SEO OFF page merupakan jenis teknik SEO untuk mengoptimalkan sebuah blog/website yang dilakukan diluar blog/website itu sendiri. Artinya tentu saja karena kebalikan SEO ONpage, teknik ini mengoptimalkan faktor-faktor eksternal yang mempengaruhi keoptimalan dari bog/website itu sendiri. Selain beberapa teori SEO diatas, terdapat juga cara lain untuk meningkatkan kinerja website pada mesin pencarian google, diantaranya adalah dengan memanfaatkan webmaster tools dan google analityc. Bagai mana cara penggunaan dari alat google tersebut?? berikut saya share cara penggunaan webmaster toolsSemoga dapat bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Toggle Footer