Breaking News
Loading...
Rabu, 18 Desember 2013

Cara Pemakaian Webmaster Tools Google

10.30
Ketika anda membutuhkan informasi, maka pasti google yang akan anda gunakan, mungkin sebagian besar pengunjung blog ini juga berasal dari mesin pencari google. Sebagai mesin search engine paling populer di dunia, mendaftarkan blog atau website ke mesin pencari google adalah hal yang harus anda lakukan. Tujuan dari mendaftarkan blog ke google adalah untuk menambah blog anda ke dalam daftar index mesin pencari google. Nah silahkan anda simak langkah - langkah untuk mendaftarkan situs anda ke google webmaster tool. 
1. Pastikan anda sudah mempunya akun google. 
2. silakan kilk https://www.google.com/webmasters/tools. Silakan anda login menggunakan akun google anda.
3. Setalah login akan muncul beranda dari google webmaster tools. Silakan klik tambah situs atau add situs. Masukkan alamat indeks website yang ingin didaftarkan. klik Terus atau next.

4. Berikutnya lakukan verifikasi kepemilikan website atau blog anda. Klik pada tab alternate method. Ada tiga pilihan verifikasi yang dapat anda pilih, jika blog anda memakai layanan blogger, maka pilih opsi pertama yakni, add meta tag to your site's home page. Silahkan anda copy meta tag yang telah tersedia. (lihat gambar)

5. Setelah anda mendapatkan meta tag, masuk lah ke akun blogger anda, lalu masuk ke menu Rancangan -> Edit Html
6. Berikutnya setelah anda masuk ke menu Edit html, maka anda akan melihat kode - kode html yang ada di blog anda. Langkah selanjutnya, anda tekan ctrl + F pada keybord komputer anda.
7. Lalu cari kode </head>.
8. Setelah anda menemukan kode </head>, silahkan anda pastekan meta tag yang anda dapatkan tadi, tepat di bawah kode </head>. Lalu klik simpan atau save pada pojok kanan rancangan Html anda.
9. Jika anda pengguna website, atau website kembangan sendiri akan terjadi sedikit perbedaan. 
10. jika tadi anda disuruh untuk memilih tab metode alternatif, kali ini anda disarankan untuk memilih metode yang disarankan. 
11. Silakan ikuti langkah seperti gambar diatas. 
12. Unduh file verivikasi html, dan silakan anda upload kembali kedirektori indeks web anda, biasanya pada folder public_html.
13. Setelah selesai upload, silakan klik link verivikasi seperti pada point ke 3 pada gambar.
14. Langkah terakir adalah, kembali ke halaman google webmaster (tempat anda mendapatkan meta tag), lalu klik tombol veify. Setelah berhasil, akan tampil informasi bahwa proses verifikasi telah sukses. lalu klik tombol continue. Tampilan jika website sudah berhasil didaftarkan. 

      Proses pendaftaran website telah selesai, selanjutnya silakan anda kelola alat webmaster ini untuk kemajuan website anda. Dan alangkah baiknya jika dipadukan dengan google analytics.



0 komentar:

Posting Komentar

 
Toggle Footer